Berikut merupakan tutorial dan penjelasan mengenai cara membuat desain logo tokopedia menggunakan software blender 3D.
Step 1 - Modeling
pertama sudah ada cube seperti ini
kemudian kita akan sesuaikan ukurannya. kita ke edit mode kita select bagian belakangnya. kemudian kita kecilkan menggunakan move tool.
kemudian kita select bagian bawah, lalu kita geser ke atas
kemudian kita cut 1x menggunakan ctrl + R. jadi seperti ini pertahitan garis orennya
kemudian kita akan cut lagi menggunakan bevel dengan cara ctrl + B dan scroll. buat seperti berikut
kemudian kita select garis tengah di sisi atas. kemudian kita turunkan menggunakan move tool.
kemudian pada sisi depan juga lakukan hal yang sama, di tarik ke depan sedikit
kemudian select kedua edge berikut
kemudian kita bevel menggunakan ctrl+B kemudian tarik menggunakan mouse
kemudian kita select edge di kedua sisi seperti berikut. dan lakukan bevel lagi menggunakan ctrl+B kemudian scroll. perbanyak scoll untuk hasil yang lebih halus
jadinya seperti berikut
oke bisa kembali ke object mode
Step 2 - Bagian Atas
tambahkan circle dan sesuaikan posisinya seperti berikut
kemudian ke edit mode, klik object kemudian kita akan copi dengan cara tekan shift+D, dan move ke depan. jadi seperti berikut
kemudian klik lingkaran yang satunya juga dengan cara shift + alt + klik mouse. kemudian klik kanan pilih yang birdge edge loops
kemudian kita extrude dengan cara ALT + E pilih yang extrude alongs normal. buat seperti berikut
ya sejauh ini sudah seperti ini hasilnya
Step 3 - Bagian Mata
tambahkan cylinder seperti gambar berikut
kemudian scale rotate dan sesuaikan posisinya seperti berikut
kemudian copi menggunakan shift+D dan sesuaikan posisinya
kemudian kita select 2 mata ini, mengguanakn shift ya
kemudian kita copi dan kecilkan dengan cara shift+D dan S untuk scale
kemudian select lagi, copi dan scale seperti tadi dan sesuaikan posisinya
Step 4 - Bagian Badan
tambahkan cirle dan atur posisinya seperti berikut
kemudian kita ke edit mode. dan tekan F untuk fill lingkarannya. jadi seperti berikut
kemudian kita akan bikin segmen di lingkaran ini dengan cara tekan i dan lakukan beberapa kali
kemudian kita potong dengan cara blok sebagian kemudian tekan X pilih Vertices
kemudian akan kita tempelkan menggunakan modifier shrink. kembali ke object mode
tambahkan modifier shinkwrap. kemudian pilih targetnya ke cube
kemudian akan kita bikin tebal dengan cara menambah modifier solidify. buat seperti berikut
hasilnya akan seperti berikut
Step 5 - Bagian Paruh
kemudian tambahkan Cone dan sesuaikan posisinya seperti berikut
kemudian scale ke sumbu Y
kemudian kita ke edit mode, select kedua sisi berikut
kemudian tekan S untuk scale
kemudian turunkan paruhnya sedikit menggunakan mode vertex
oke sudah jadi hasil sementara seperti berikut. bisa kembali ke object mode ya
Step 6 - Coloring
pindah viewport ke viewport shading. kemudian tambahkan material warna ya. hasil akhir akan seperti berikut teman-teman