TUTORIAL MEMBUAT KURSI KAYU MENGGUNAKAN BLENDER 3D

TUTORIAL MEMBUAT LOGO TOKOPEDIA MENGGUNAKAN BLENDER 3D

 



Berikut merupakan tutorial dan penjelasan mengenai cara membuat desain logo tokopedia menggunakan software blender 3D.

Step 1 - Modeling
pertama sudah ada cube seperti ini
 



kemudian kita akan sesuaikan ukurannya. kita ke edit mode kita select bagian belakangnya. kemudian kita kecilkan menggunakan move tool.
 



kemudian kita select bagian bawah, lalu kita geser ke atas



 
kemudian kita cut 1x menggunakan ctrl + R. jadi seperti ini pertahitan garis orennya



 
kemudian kita akan cut lagi menggunakan bevel dengan cara ctrl + B dan scroll. buat seperti berikut



 
kemudian kita select garis tengah di sisi atas. kemudian kita turunkan menggunakan move tool.



 
kemudian pada sisi depan juga lakukan hal yang sama, di tarik ke depan sedikit
 

kemudian select kedua edge berikut

 
kemudian kita bevel menggunakan ctrl+B kemudian tarik menggunakan mouse


kemudian kita select edge di kedua sisi seperti berikut. dan lakukan bevel lagi menggunakan ctrl+B kemudian scroll. perbanyak scoll untuk hasil yang lebih halus

 
jadinya seperti berikut


oke bisa kembali ke object mode

Step 2 - Bagian Atas
tambahkan circle dan sesuaikan posisinya seperti berikut

 
kemudian ke edit mode, klik object kemudian kita akan copi dengan cara tekan shift+D, dan move ke depan. jadi seperti berikut


kemudian klik lingkaran yang satunya juga dengan cara shift + alt + klik mouse. kemudian klik kanan pilih yang birdge edge loops
 

kemudian kita extrude dengan cara ALT + E pilih yang extrude alongs normal. buat seperti berikut

 
ya sejauh ini sudah seperti ini hasilnya
 


Step 3 - Bagian Mata
tambahkan cylinder seperti gambar berikut
 

kemudian scale rotate dan sesuaikan posisinya seperti berikut

 
kemudian copi menggunakan shift+D dan sesuaikan posisinya


kemudian kita select 2 mata ini, mengguanakn shift ya


 
kemudian kita copi dan kecilkan dengan cara shift+D dan S untuk scale


 
kemudian select lagi, copi dan scale seperti tadi dan sesuaikan posisinya 



Step 4 - Bagian Badan
tambahkan cirle dan atur posisinya seperti berikut

 
kemudian kita ke edit mode. dan tekan F untuk fill lingkarannya. jadi seperti berikut


kemudian kita akan bikin segmen di lingkaran ini dengan cara tekan i dan lakukan beberapa kali

 
kemudian kita potong dengan cara blok sebagian kemudian tekan X pilih Vertices

 
kemudian akan kita tempelkan menggunakan modifier shrink. kembali ke object mode
tambahkan modifier shinkwrap. kemudian pilih targetnya ke cube


 
kemudian akan kita bikin tebal dengan cara menambah modifier solidify. buat seperti berikut

                                                  

 
hasilnya akan seperti berikut


Step 5 - Bagian Paruh
kemudian tambahkan Cone dan sesuaikan posisinya seperti berikut



kemudian scale ke sumbu Y



 
kemudian kita ke edit mode, select kedua sisi berikut
 



kemudian tekan S untuk scale



 
kemudian turunkan paruhnya sedikit menggunakan mode vertex


oke sudah jadi hasil sementara seperti berikut. bisa kembali ke object mode ya

 

Step 6 - Coloring
pindah viewport ke viewport shading. kemudian tambahkan material warna ya. hasil akhir akan seperti berikut teman-teman