TUTORIAL MEMBUAT KURSI KAYU MENGGUNAKAN BLENDER 3D

TUTORIAL MEMBUAT TOPI MENGGUNAKAN BLENDER 3D

 


Berikut merupakan tutorial dan penjelasan mengenai cara membuat desain topi sederhana menggunakan software blender 3D.

Langkah Pertama - Modelling
hapus cube yang ada kemudian tambahkan UV shepere


kemudian kita ke edit mode. kemudian aktifkan vertex mode dan select setengah dari bola ini



kemudian kita delete menggunakan X pilih yang vertices
maka hasil akan seperti berikut



kemudian kita aktifkan proporsinal edit dan click vertex paling tengah


kemudian menggunakan move tool kita tarik ke atas dan perbesar cangkupan bisa menggunakan scroll pada mouse. maka hasil akan seperti berikut



kemudian aktifkan edge mode untuk menseleksi seperti gambar berikut


jika sudah kita akan melakukan extrude dengan cara tekan E dan X artinya E untuk extrude dan X adalah sumbu x.
jadinya seperti berikut



kemudian kita ke bagian atas, kita akan bikin bulatan topi



kemudian klik kanan pilih yang bevel vertices kemudian kita arahkan mouse ke belakang untuk memperbesar


kemudian klik kanan pilih yang bevel vertices kemudian kita arahkan mouse ke belakang untuk memperbesar


kemudian kita extrude jadi begini


kemudian kita cut 1x menggunakan ctrl+R


kemudian kita scale tekan S


kemudian kita bevel menggunakan ctrl+B kemudian scroll sampe terlihat bulat. seperti berikut


kemudian kita kecilkan face paling atas menggunakan S


oke sejauh ini hasilnya seperti berikut



Langkah Kedua - Penghalusan dan Penebalan
kembali ke object mode, kemudian tambahkan modifier subdivision surface


kemudian ke edit mode, kita cut 1x menggunakan ctrl + R


kemudian kita tarik ke belakang. jadi seperti berikut


kembali ke object mode lagi


hasil sudah lebih baik.
kemudian tambahkan modifier solidify untuk membuat tebal topi kita. untuk thickness nya bisa di sesuaikan sendiri
 

Step 3 - Pewarnaan
kita apply semua modifier ya.


kita ke edit mode lagi, kemudian select all object kita


kemudian kita ke material properties kemudian add material


kemudian ganti warna Base Color. kemudian kita pindah ke viewport shading


kemudian kita select bagian depannya
 

kemudian tambahkan materialnya jadi ada 2 material


kita ubah basecolornya, kemudian kita assign


ya hasil akhir akan seperti berikut


 kembali ke object mode kemudian kita tambahkan sade smooth dengan cara klik kanan pada object kemudian pilih sade smooth. ya hasil akhir akan seperti berikut
 



PENUTUP
Demikian temen-temen tutorial singkat pembuatan topi sederhana dengan blender 3D. Semoga berguna buat temen-temen pemula sekalian. Terimakasih