Berikut merupakan tutorial dan penjelasan mengenai cara membuat desain topi sederhana menggunakan software blender 3D.
Langkah Pertama - Modelling
hapus cube yang ada kemudian tambahkan UV shepere
kemudian kita ke edit mode. kemudian aktifkan vertex mode dan select setengah dari bola ini
kemudian kita delete menggunakan X pilih yang vertices
maka hasil akan seperti berikut
kemudian kita aktifkan proporsinal edit dan click vertex paling tengah
kemudian menggunakan move tool kita tarik ke atas dan perbesar cangkupan bisa menggunakan scroll pada mouse. maka hasil akan seperti berikut
kemudian aktifkan edge mode untuk menseleksi seperti gambar berikut
jika sudah kita akan melakukan extrude dengan cara tekan E dan X artinya E untuk extrude dan X adalah sumbu x.
jadinya seperti berikut
kemudian kita ke bagian atas, kita akan bikin bulatan topi
kemudian klik kanan pilih yang bevel vertices kemudian kita arahkan mouse ke belakang untuk memperbesar
kemudian klik kanan pilih yang bevel vertices kemudian kita arahkan mouse ke belakang untuk memperbesar

kemudian kita extrude jadi begini
kemudian kita cut 1x menggunakan ctrl+R

kemudian kita scale tekan S
kemudian kita bevel menggunakan ctrl+B kemudian scroll sampe terlihat bulat. seperti berikut
kemudian kita kecilkan face paling atas menggunakan S
oke sejauh ini hasilnya seperti berikut
Langkah Kedua - Penghalusan dan Penebalan
kembali ke object mode, kemudian tambahkan modifier subdivision surface
kemudian ke edit mode, kita cut 1x menggunakan ctrl + R
kemudian kita tarik ke belakang. jadi seperti berikut
kembali ke object mode lagi
hasil sudah lebih baik.
kemudian tambahkan modifier solidify untuk membuat tebal topi kita. untuk thickness nya bisa di sesuaikan sendiri
Step 3 - Pewarnaan
kita apply semua modifier ya.
kita ke edit mode lagi, kemudian select all object kita
kemudian kita ke material properties kemudian add material
kemudian ganti warna Base Color. kemudian kita pindah ke viewport shading
kemudian kita select bagian depannya
kemudian tambahkan materialnya jadi ada 2 material
kita ubah basecolornya, kemudian kita assign
ya hasil akhir akan seperti berikut
kembali ke object mode kemudian kita tambahkan sade smooth dengan cara klik kanan pada object kemudian pilih sade smooth. ya hasil akhir akan seperti berikut
PENUTUP
Demikian temen-temen tutorial singkat pembuatan topi sederhana dengan blender 3D. Semoga berguna buat temen-temen pemula sekalian. Terimakasih